Komunikasi dan Keamanan Data - ADIS FERNANDO NR

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

"Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

Senin, 04 September 2023

Komunikasi dan Keamanan Data


 Sumber: https://www.bhinneka.com/blog/wp-content/uploads/2022/10/Jenis-Jenis-Jaringan-Komputer.webp

A. Cara Jaringan Komputer Bekerja

Jaringan komputer dibuat untuk menghubungkan komputer- komputer yang ada dan berbagai perangkat-perangkat yang lain. Pada jaringan kabel, hal ini dilakukan dengan menggunakan kabel- kabel dan konektor serta dukungan dari berbagai perangkat yang lain. Sedangkan pada jaringan nirkabel, koneksi antara komputer dan perangkat-perangkat yang ada dilakukan dengan menggunakan sinyal elektromagnetik atau gelombang elektromagnetik (GEM).

Pengiriman data dalam jaringan dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol. Masing-masing protokol berperan untuk mengatur agar koneksi antara dua node (perangkat) dapat terjadi dan proses pengiriman data dapat berjalan dengan baik.

Pada materi ini, kita akan membahas berbagai perangkat yang digunakan untuk membuat jaringan, bagaimana mekanisme pengiriman data dalam jaringan, dan berbagai masalah yang terjadi di dalam jaringan.


1. Perangkat Jaringan Komputer

Suatu jaringan komputer memiliki beberapa perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dan membuat komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi. Perangkat-perangkat jaringan komputer antara lain adalah sebagai berikut.


a. Komputer Server

Komputer server adalah komputer yang memberikan layanan pada komputer klien. Komputer server dapat menyediakan berbagai layanan, seperti layanan penyimpanan file, data, aplikasi, dan sebagainya yang biasa digunakan bersama-sama oleh klien. Seiring dengan kemajuan teknologi, komputer server mempunyai berbagai jenis, seperti server basis data, server web, server aplikasi, gateway server, dan sebagainya.

Pada umumnya, dalam suatu jaringan LAN, di mana komputer ingin dihubungkan ke internet, komputer server berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer klien untuk mengakses internet.


Sumber: https://images.idgesg.net/images/article/2019/07/12_storage-switzerland-100806969-large.jpg?auto=webp&quality=85,70

b. Komputer Klien

Komputer klien adalah komputer yang berada di dalam jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna (end user) untuk mengakses data dan informasi. Komputer klien menerima layanan dari komputer server. Layanan tersebut dapat berupa layanan koneksi ke internet, layanan data dan informasi, maupun layanan koneksi dan komunikasi dengan komputer lain yang ada dalam jaringan. Jumlah komputer klien yang terdapat dalam jaringan biasanya dapat mencapai puluhan dan bahkan ratusan. Jika dalam jaringan terdapat perangkat lain, seperti printer, scanner, atau perangkat lainnya, perangkat-perangkat tersebut juga dapat dianggap sebagai klien. Ketika kita membahas jaringan, komputer-komputer atau perangkat-perangkat tersebut sering juga disebut sebagai node.

c. Kartu Jaringan

Kartu jaringan atau LAN card adalah perangkat keras jaringan yang dipasang pada motherboard komputer-komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun klien). Pada saat ini, beberapa motherboard sudah dilengkapi dengan LAN card sehingga tidak perlu lagi dibeli secara terpisah. Kartu jaringan memungkinkan komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan bertukar data. Kartu jaringan sering juga disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card).


Sumber: https://www.nesabamedia.com/wp-content/uploads/2019/03/NIC.png


Tidak ada komentar:

Posting Komentar